Recent Posts

Kamis, 23 Januari 2014

SEJARAH SKOLAH



SMK Negeri 2 Takalar  adalah satu satu organisasi atau instansi pemerintahan yang bergerak di bidang Pendidikan. SMK Negeri 2 Takalar  di pimpin oleh seorang Kepala Sekolah, dibantu oleh Empat Orang Wakil Kepala Sekolah dan Bagian Administrasi atau sering disebut Tata Usaha. Setiap Sekolah Menengah Kejuruan di Indonesia telah diberikan atau dibebankan tugas dan targetnya masing-masing.
Pada tahun 2003 terbitlah Surat Keputusan Bupati tentang Pendirian Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Takalar,  dengan tujuan awal untuk membangun smk kecil. Jurusan pertama adalah Teknik Mekanik Otomotif. Pelaksana dan sekaligus Kepala sekolah yang pertama adalah Abd. Mutthalib, S.Pd dan Jumlah siswa angkatan pertama terdaftar 15 orang, namun yang bertahan sampai tamat hanya 8 orang.
Adapun Tenaga Pendidik yang ada pada waktu itu hanya berjumlah 7 orang yaitu:
1.    Mahyuddin Rahim, S.Pd. (Jurusan Tek. Mesin)
2.    Sunardi, S.Pd. (Jurusan Tek. Otomotif)
3.    Alm. Abd. Rahim, S.Pd. (Jurusan Tek. Otomotif)
4.    Agussalim, S.Pd. (Jurusan Tek. Otomotif)
5.    Rahmad Rosalih S, S.Pd. (Jurusan Tek. Mesin)
6.    Istawakkal. S.Pd. (Jurusan Tek. Mesin)
7.    Nasrun, S.Pd. (Jurusan Tek. Mesin)
Tanggal 09 Juli 2004 Terbitlah Surat Keputusan Bupati Takalar tentang Penetapan SK Kelembagaan dan Izin Operasional SMK Negeri 2 Takalar dan pada saat itu terjadi perubahan atau pertukaran nama sekolah dengan beberapa alasan:
1.     Dikarenakan SMK Negeri 3 takalar lebih dahulu menempati gedung (walaupun saat itu masih numpang di gedung milik DEPSOS), mempunyai siswa, guru dan kepala sekolah serta proses pembelajaran yang sudah berjalan.
2.     Sedangkan SMK Negeri 2 Takalar masih dalam proses pembangunan gedung, belum mempunyai siswa dan guru. Maka secara otomatis proses pembelajaran belum ada.
Dengan alasan tersebut sehingga nama SMK Negeri 3 Takalar dirubah menjadi SMK Negeri 2 Takalar, dan sebaliknya SMK Negeri 2 Takalar menjadi SMK Negeri 3 Takalar.
SMK Negeri 2 Takalar yang dulunya bertempat di Gedung Kantor Sosial Kabupaten Takalar kemudian pada Pertengahan Tahun 2007 SMK Negeri 2 Takalar pindah  ke Yayasan SMK Ranggong Dg. Romo dan siswa Yayasan SMK Ranggong Dg. Romo digabung dengan siswa SMK Negeri 2 Takalar. Pada tahun 2007 dibentuk Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Pada Tahun 2009, Jurusan Teknik Mekanik Otomotif  berubah menjadi Teknik Kendaraan Ringan (TKR). Tahun 2011 bertambah jurusan Teknik Sepeda Motor (TSM).


0 komentar:

Posting Komentar