Recent Posts

Jumat, 24 Januari 2014

KELEBIHAN EFI dari SISTEM KARBURATOR

Kelebihan EFI dari Sistem Karburator

Keistimewaan EFI
Dibandingkan dengan karburator EFI mempunyai
keistimewaan sebagai berikut :
1. Memungkinkan pembentukan campuran
homogen pada tiap silinder.
Oleh karena tiap silinder mempunyai satu injector
dan volume injeksi dikontrol lewat ECU sesuai
dengan putaran dan beban, hal ini memungkinkan
distribusi bahan bakar kesetiap silinder menjadi
homogen. Selanjutnya dibandingkan dengan dan
udara dapat dikontrol dengan mudah oleh ECU
dengan mengatur waktu injeksinya (fuel injection
duration). Untuk alasan ini campuran bahan bakar
dan udara yang didistribuskan ke setiap silinder
adalah sama dan membentuk perbandingan
bahan bakar dan udara optimal. Hal ini akan
menguntungkan pada aspek emisi dan
kemampuan tenaga mesin.
2. Perbandingan bahan bakar-udara yang akurat
pada setiap putaran mesin.
Pada karburator satu nozzel tidak dapat
mengontrol perbandingan udara dan bahan bakar
secara tepat pada semua tingkat kecepata,
sehingga pengaturan dibagi yaitu : slow sistem,
kecepatan tinggi primer, kecepatan tinggi sekunder
dan lainnya, campuran udara dan bahan bakar
harus dibuat kaya selama perpindahan sistem
tersebut, karena jika hal ini tidak tercapai
kendaraan akan tersendat. Pada EFI tidak
demikian, karena pengiriman sinyal yang terus
menerus akan membuat perbandingan selalu
tepat.
3. Respon yang baik pada setiap pembukaan
throttle
Pada penggunaan karburator, jarak bahan bakar
yang diinjeksikan terlalu jauh dan karena
perbedaan berat jenis yang besar antara bensin
dan udara sehingga bahan bakar yang masuk
sangat sedikit dalam hubungannya dengan jumlah
udara yang masuk. Lain halnya pada EFI yang
injektornya dilettakkan dekat dengan silinder dan
tekanan injeksi yang lebih besar dibandingkan
dengan tekanan pada manifold sehingga bahan
bakar mudah mengabut. Jadi responnya lebih baik
dari karburator.

0 komentar:

Posting Komentar